Minggu, 14 November 2010

Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan dalam Penyusunan Sistem Informasi Akuntansi

Materi ini adalah lanjutan dari dari judul sebelumnya yaitu "TUJUAN PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI". Namun, pada bahasan ini, akan diulas faktor penting apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menyusun suatu Sistem Informasi Akuntansi.

Penyusunan sistem informasi akuntansi untuk suatu perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa

faktor penting antara lain:

1. Sistem informasi akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip cepat yaitu sistem informasi akuntansi harus menyediakan informasi yang diperlukan dengan cepat dan tepat waktu serta dapat memenuhi kebutuhan dan kualitas yang sesuai.

2. Sistem informasi yang disusun harus memenuhi prinsip aman yaitu sistem informasi harus dapat membantu menjaga keamanan harta milik perusahaan.

3. Sistem informasi akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip murah yang berarti bahwa biaya untuk menyelenggarakan sistem informasi akuntansi tersebut harus dapat ditekan sehingga relatif tidak mahal.

SIA sangat diperlukan dalam perkembangan teknologi informasi yang ada sekarang. Agar suatu perusahaan dapat mengikuti perkembangan dari teknologi informasi yang ada. Teknologi Informasi dalam era globalisasi informasi berkembang sangat pesat, sistem informasi akuntansi mengalami banyak perubahan dalam tahun-tahun terakhir ini. Penggunaan teknologi komputer mendapat perhatian yang sangat besar karena memungkinkan manajemen informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat. Untuk memahami Sistem informasi akuntansi berbasis komputer perlu pengenalan terhadap struktur kemampuan dan operasi dari komputer. Berikut akan saya jabarkan sedikit komponen utama suatu komputer menurut para ahli.

Komponen Utama Suatu Komputer:

1. Menurut Cushing (1992 : 110) ”Komputer adalah suatu alat elektronik dengan kecepatan yang tinggi yang mampu melaksanakan serangkaian instruksi yang akan mernungkinkannya untuk melakukan serangkaian operasi tanpa campur tangan manusia”. Sistem komputer merupakan kombinasi yang terintegrasi dari empat komponen yaitu hardware, software, procedure dan personel.

2. Menurut Bordnar, George (2000 : 71) ”Sistem komputer merupakan kombinasi terpadu dari perangkat keras (Hardware), Perangkat lunak (software), komunikasi, sumber daya manusia, sumber daya informasi, dan prosedur-prosedur pemrosesan”.

3. Mcleod (1995 : 109) menjelaskan tentang komponen komputer tersebut sebagai berikut:

Software adalah program-program dan prosedur-prosedur kerja yang dibutuhkan untuk menginstruksikan hardware dalam melakukan fungsinya. Sedangkan Hardware adalah peralatan fisik yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas dari sistem yang berbasis komputer, adapun komponen hardware sebagai berikut :

a. Input Devices yaitu suatu alat atau media yang menerima input data untuk diproses.

b. Central processing unit (CPU) yaitu bagian internal komputer yang berfungsi sebagai pusat pengolahan dan pengendalian dari keseluruhan sistem pemrosesan data CPU yang terdiri dari bagian-bagian yang masing-masing mempunyai tugas sendiri, tetapi merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi,yaitu :

1. Control unit adalah bagian yang bertugas mengendalikan dan mengkoordinasikan keseluruhan sistem kerja komputer.

2. Arithmetic Logic unit (ALU) adalah bagian yang bertugas melaksanakan perhitungan arithm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar